JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol 6, No 3 (2022): JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan)

PENGARUH INTERGRASI METODE KOMUNIKATIF DAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS VIII MTsN 1 SUMBAWA BARAT

Ambok Panaik Wangsa Makasa (Unknown)
Mahsun Mahsun (Unknown)
Burhanuddin Burhanuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2022

Abstract

Berbicara merupakan salah satu keterampilan manusia yang sudah dimiliki sejak manusia dilahirkan, hanya saja keterampilan ini perlau selalu diasah agar berkembang dan menjadi lebih baik dan perkembangannya disesuaikan pula dengan bahasa yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh integrasi metode komunikatif dan saintifik terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VIII bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan menggunakan desain posttest only control. Subjek dan sampel penelitian terdapat 30 sampel siswa dari sekolah MTsN Sumbawa Barat. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala rating, yang dianalisis menggunakan bantuan program spss. Hasil penelitian menunjukan bahwa intergrasi metode komunikatif dan saintifik ini berpengaruh terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VIII. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji t dengan equal variance not assume nilai sig (2 tailed) yaitu 0,104 yang lebih besar dari nilai sig 0,005.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JISIP

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan merupakan kumpulan artikel ilmiah ilmu sosial dan pendidikan berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia. Terbit 3 kali setiap tahun pada bulan Maret, Juli, dan ...