FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 8, No 1 (2022): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

MODEL STRUKTURAL DALAM MENILAI ANTAR-HUBUNGAN FAKTOR INTERNAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19

Gamar Assagaf (IAIN Ambon)
Ahmad Salatalohy (Universitas Muhammadiyah Maluku)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian inii dilatarbelakangii oleh faktor-faktors yang mempengaruhii prestasi belajar mahasiswa di masa pandemi covid, yaitu faktor5 internal dan faktorr eksternal. prestasi belajarr yang baik akan dapat dicapaii apabila mahasiswa dapat mengatasi kkesulitan belajar yang ddialaminya, namunn ada sejumlah variabell yang saling mmempengaruhinya. Penelitianu ini bertujuan untuk mengetahuii gambarann dan ppengaruh efikasi diri dan aktivitas belajar prestasi belajar matematika kemandirian belajar pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematikaa IAIN Ambon. Jenis ppenelitian iini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi pendidikan matematika IAIN Ambon tahun akademik 2020/2021 yang diambil dengan menggunakan Disproporsional stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan: (1) efikasi diri, (2) skala aktivitas belajar, (3) skala kemandirian belajar,(4) IPK. Data ddianalisis menggunakan statistikk deskriptifs dan data diolah secara kuantitatif dengan menggiunakan analisiss jalur (path anlysis). Hasill penelitian menunjukann bahwa: (1) Sebagian besar Mahasiswaa Programs Studii Pendidikan matematika IAIN Ambon memiliki: efikasi diri dengan kategori sedang, aktivitas belajar dengan kategorii sedang, kemandirian belajar dengann kategoriy sedang, prestasi bbelajar berkategoris sedang; (2) efikasis diri berpengaruhh positiff terhadap prestasi belajars matematikas baik secara langsungs maupun tidak langsung5 melalui kemandirian belajar; (3) aktivitas belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kemandirian belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fbc

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Fibonacci Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah ...