Communications
Vol 4 No 2 (2022): COMMUNICATIONS

KOMUNIKASI DESAIN VISUAL MELALUI MATERI CETAK YANG EFEKTIF BAGI WISATAWAN DALAM DAN LUAR NEGERI PADA MUSEUM SAINS

Chrisdina Chrisdina (Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR)
Achmad Sultani (LSPR)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Pembelajaran yang menyenangkan tentunya dapat dilakukan baik dengan berbagai cara. Salah satu pembelajaran yang menarik adalah dengan mengunjungi berbagai macam museum yang menampilkan sebuah cerita dengan menarik. Berkunjung ke museum juga menjadi salah satu pilihan bagi wisatawan asing ketika berkunjung ke sebuah negara. Informasi yang jelas dan mudah dipahami tentunya menjadi sebuah kenyamanan tersendiri. Museum sain Planetarium Jakarta juga menjadi sebuah tujuan bagi para wisatawan baik asing maupun domestic. Pengemasan informasi mengenai tata surya dikemas apik dan menarik dengan teknologi yang mendukung. Hal yang menarik adalah jumlah pengunjung masih berada dibawah harapan, terutama bagi wisatawan asing. Peneliti melihat musem belum memaksimalkan fungsi desain komunikasi visual yang mampu memudahkan sebuah proses komunikasi. Melalui Model Perencanaan dari Berlo yang melihat bahwa sebuah tujuan komunikasi pada prosesnya akan melewati tahapan sumber, pesan, media, dan penerima. Berdasarkan observasi peneliti melihat bahwa perlu dibuat perencanaan yang baik sehingga wisatawan dapat membuat sebuah keputusan berdasarkan materi promosi yang ada. Menggunakan metodologi kualitatif dengan data wawancara dan observasi maka peneliti menemukan bahwa museum perlu memperbarui materi komunikasi yang telah ada. Katalog, signage, materi presentasi, dan merchandise menjadi sebuah alat komunikasi yang efektif dalam membantu wisatawan berpikir sehingga mendapatkan sebuah keputusan akhir. Pengelola juga harus menitik beratkan pada tujuan serta pesan apa yang ingin disampaikan, sehingga materi komunikasi dapat dirancang dengan sesuai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

communications

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Communications publishes research articles from various topics in communication sciences. The journal is an interdisciplinary space that accommodates this research related to communication science; which includes, but is not limited to, interpersonal communication, mass communication, advertising, ...