ALGORITMA Journal of Mathematics Education
Vol 4, No 1 (2022): ALGORITMA Journal Of Mathematics Education

PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DASAR BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) DENGAN KONTEKS KEISLAMAN

Mutia Mutia (Institut Agama Islam Negeri Curup)
Anisya Septiana (Institut Agama Islam Negeri Curup)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Matematika Dasar Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) dengan konteks keislaman yang baik dan layak digunakan dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Modul ini adalah modul matematika dengan memasukkan ayat-ayat kauniyah yang ada di Alquran ke dalam materi sehingga dapat memperdalam dan memperkuat makna pemahaman tentang sains dan Islam serta tentang kekuasaan Allah. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri dari lima tahap yaitu fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi atau konstruksi, fase pengujian, evaluasi, dan revisi, dan fase implementasi. Subjek uji coba dilakukan pada sepuluh mahasiswa Program Studi Tadris Matematika angkatan 2017. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian dosen dan mahasiswa, dan lembar tes uraian berbasis HOTS dengan konteks keislaman. Berdasarkan penilaian oleh ahli dan pelaksanaan uji coba, diperoleh hasil bahwa modul yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

algoritma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME) adalah jurnal peer-review pendidikan matematika yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. AJME mempublikasikan naskah-naskah ilmiah bidang pendidikan matematika secara berkala, yaitu 2 kali ...