Journal Sport Science Indonesia (JASSI)
Vol 1 No 2 (2022): Journal of Sport Science Indonesia

ANALISIS PEMBELAJARAN PENJASORKES SECARA DARING SISWA KELAS XI SMA NEGERI 12 PEKANBARU

M. Aditya (Pendidikan Jasamani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Riau)
Agus Prima Aspa (Universitas Riau, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi)
Ni Putu Nita Wijayanti (Universitas Riau, Program Studi Kepelatihan Olahraga/Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Olahraga merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional, dimana proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani bertujuan untuk meningkatkan kondisi fisik, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan, perilaku pola hidup sehat, aktif, kecerdasan emosional dan kemampuan melakukan suatu gerak. Selama masa darurat COVID-19, proses pembelajaran dilakukan dari rumah melalui platform pembelajaran online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis pembelajaran penjasorkes online siswa kelas XI SMA Negeri 12 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 siswa yang telah dipilih dengan pertimbangan tertentu. Data diperoleh melalui pengumpulan data menggunakan angket yang diwujudkan dalam bentuk pernyataan dalam skala likkert. Berdasarkan penelitian pembelajaran penjasorkes secara daring siswa kelas XI SMA Negeri 12 Pekanbaru secara kesuluruhan indikator dengan rerata skor 180,5 dan tingkat capaian responden 69,4% dengan kategori baik. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi rujukan untuk bahan evaluasi untuk sekolah, guru, dan siswa saat menjalankan pembelajaran secara daring

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Sport Science Indonesia (JASSI) is under publishment of the Universitas Riau. It is a scientific journal focusing on Sport Education, Physical Education, Sport Coaching, Sports Psychology, and Sports Tourism. It provides a publishing platform for scientists and academicians to share, ...