Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis
Vol 13 No 2 (2020): Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis

Analisa Pengaruh Penerapan E-System Perpajakan dan Kebijakan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi di KPP Pratama Bangkinang)

Nita Wahyuni (Universitas Riau)
Pipin Kurnia (Unknown)
Astrid Faradisty (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Kepatuhan wajib pajak merupakan suatu keadaan yang menunjukkan wajib pajak memenuhi semua kewajiban perpajakan dan melaksanakan hak perpajakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan e-system perpajakan yang tediri dari e-registration, e-faktur,e-billing,e-filing dan kebijakan perpajakan terhadap Wajib Pajak Badan di KPP Pratama Bangkinang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada 298 wajib pajak badan yang terdaftar di KPP Pratama Bangkinang yang dipilih berdasarkan teknik incidental. Skala yang digunakan dalam mengukur variabel adalah skala likert. Untuk menguji hipotesis, digunakan analisis regresi linier berganda. Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel e-system perpajakan dan kebijakan perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, dengan signifikansi masing- masing sebesar 0,000 dan 0,037.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jakb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis (JAKB), with registered number ISSN 2476-9460 (Online) and ISSN 2085-0751 (Print) is a multidisciplinary scientific journal published by Politeknik Caltex Riau. JAKB provides a specialized forum for the publication of research in the area of financial economics ...