Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 11, No 1 (2022): 2022

Implementasi Blended Learning Metode Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa

UMI NURHAYATI (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir literasi matematis siswa dengan pembelajaran blended learning metode flipped classroom pada siswa SMP kelas 7. Populasi yang digunakan terdiri dari 2 kelas, yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen yang masing masing berjumlah 25 siswa. Kelas kontrol diberikan desain pembelajaran blended learning secara tradisional, sedangkan kelas eksperimen menggunakan pembelajaran blended learning metode flipped classroom. Blended learning dilakukan dengan menggabungkan pembelajaran secara tatap muka dan tatap maya. Flipped classroom menekankan pada pemberian materi di awal pembelajaran, dan pendalaman materi secara terbimbing. Instrument penelitian berupa 8 butir soal essay. Metode penelitian yang digunakan berupa quasi eksperimental design Nonequivalent Control Group Design

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

reforma

Publisher

Subject

Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Physics Social Sciences

Description

Sebagai jurnal kajian penelitian pendidikan dan pembelajaran, kehadiran Reforma dimaksudkan untuk penampung ide, gagasan dan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dihasilkan oleh para praktisi, pemikir dan ahli di bidang pendidikan dan ...