Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh bukti empiris faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mata kuliah akuntansi keuangan menengah pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Riau di Pekanbaru. Proses pemilihan sampel menggunakan purvosive sampling. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa jurusan akuntansi yang ada di Universitas Islam Riau (UIR) di Pekanbaru. sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR) mahasiswa jurusan akuntansi yang telah mempelajari mata kuliah akuntansi keuangan menengah. Sampel yang didapat sebanyak 76 sampel. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung. Teknik analisa yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kemampuan dan usaha tidak berpegaruh terhadap prestasi belajar sedangkan kemampuan intelektual dan fasilitas berpengaruh terhadap pretasi belajar. Secara varibel kemampuan dan usaha, kemampuan intelektual dan fasilitas secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa dalam mata kuliah akuntansi keuangan menengah. Koefisien determinasi atau Adjusted R Square (R2) sebesar 0,615 atau 61,5%. Hal ini berarti variabel kemampuan dan usaha, kecerdasan intelektual, fasilitas pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar sedangkan sisanya 38,5% dipengaruhi oleh variabel lain.
Copyrights © 2022