Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 1 No. 7 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan

Pengembangan materi ajar fisika berbasis multirepresentasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik di MAN 2 Makassar

Nining Dwi Harti (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas produk materi ajar berbasis multirepresentasi, mengetahui respon guru terhadap materi ajar berbasis multirepresentasi, mengetahui respon peserta didik terhadap materi ajar berbasis multirepresentasi dan mengetahui efektivitas materi ajar fisika berbasis multirepresentasi. meningkatkan kemampuan berfikir analisis peserta didik di MAN 2 Makassar. Subjek coba penelitian ini adalah 25 orang peserta didik kelas X MIPA II MAN 2 Makassar. Penelitian ini menggunakan pengembangan model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi materi ajar fisika berbasis multirepresentasi, lembar kuisioner respon guru dan peserta didik, serta instrumen tes hasil belajar fisika. Hasil penelitian menunjukan bahwa Materi ajar fisika berbasis multirepresentasi pada pembelajaran fisika di kelas X MIPA II MAN 2 Makassar valid dengan nilai validity content sebesar 0,74, penilaian respon pendidik terhadap materi ajar fisika berbasis multirepresentasi berada dalam kategori sangat baik/sangat praktis, penilaian respon peserta didik terhadap materi ajar fisika berbasis multirepresentasi berada dalam kategori sangat baik/praktis, efektivitas penggunaan materi ajar fisika berbasis multirepresentasi berada dalam kategori sangat baik. Efektivitas materiĀ  ajar Fisika berbasis multirepresentasi dalam pembelajaran ditunjukkan dari hasil tes belajar Fisika dengan persentase 68% berada diatas nilai KKM.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educenter

Publisher

Subject

Education

Description

Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, mencakup bidang penelitian pendidikan dalam proses belajar mengajar, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, dan pengembangan ...