Gladi : Jurnal Ilmu Keolahragaan
Vol 11 No 02 (2020): GLADI : JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Hubungan Gaya Kepemimpinan Pelatih dengan Prestasi Atlet Taekwondo

Geraldi Novian (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ira Purnamasari Mochamad Noors (Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2020

Abstract

Permasalahan yang penulis ajukan pada penelitian ini mengenai gaya kepemimpinan pelatih yang merupakan salah satu dari sekian banyak faktor yang berhubungan dengan prestasi atlet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan pelatih dengan prestasi atlet taekwondo. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang gaya kepemimpinan yang digunakan pelatih dalam menangani atlet taekwondo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah atlet taekwondo peserta pertandingan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) V Banten tahun 2018 yang berjumlah 145 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 145 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket gaya kepemimpinan pelatih dan data prestasi atlet yang diperoleh dari hasil pertandingan. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan pelatih dengan prestasi atlet taekwondo; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan authoritarian dengan prestasi atlet taekwondo; (3) terdapat hubungan positif namun tidak signifikan antara gaya kepemimpinan democratic, people-centered, dan task-oriented dengan prestasi atlet taekwondo

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

gjik

Publisher

Subject

Education

Description

Gladi : Jurnal Ilmu Keolahragaan is the official research journal of physical education postgraduate department, Universitas Negeri Jakarta. Publishes research that reports educational practices in all appropriate contexts including (but not limited to) school physical education, club sport, ...