Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana
Vol. 21 No. 1 (2021): JANUARY 2021

Potensi Penggunaan Kinect sebagai Alat Motion Capture untuk Animasi Karakter Digital

Aristarchus Pranayama Kuntjara (International Program in Digital Media, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra)
Erandaru Erandaru (International Program in Digital Media, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra)
Tommy Gunawan (Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra)
Christian Hensel (Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2022

Abstract

Kinect merupakan perangkat sensor motion capture yang mulanya dipakai untuk video game controller, tapi kini digunakan untuk berbagai macam keperluan yang membutuhkan sensor gerak. Kinect relatif murah dan mudah untuk didapatkan dan dipakai sebagai motion capture untuk menggerakkan karakter digital 3D. Dalam penelitian ini, uji coba dilakukan terhadap kemampuan Kinect dalam set-up sistem motion capture yang sesederhana mungkin dan mudah untuk dapat diakses oleh awam. Dari hasil uji coba didapatkan hasil dan saran atau anjuran pemakaian dan set-up yang paling efektif untuk dapat menggerakkan sebuah karakter digital 3D. Diharapkan hasil ini dapat mendorong penggunaan potensi Kinect lebih maksimal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dkv

Publisher

Subject

Arts

Description

Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana is published biannually, in January and July, by Petra Christian University. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana aims to promote a comprehensive approach to visual communication design incorporating viewpoints of different disciplines, strengthen academic ...