Majalah Iptek Politeknik Negeri Medan Polimedia
Vol. 24 No. 3 (2021): Edisi Agustus

BAURAN PROMOSI SEBAGAI STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN PILIHAN MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI AKUNTANSI

Cathryna Rumondang Bulan Simangunsong (Politeknik Negeri Jakarta)
Sylvia Rozza (Politeknik Negeri Jakarta)
Jhonny Marbun (Politeknik Negeri Jakarta)
Bernadetta Anita Jerry Simbolon (Politeknik Negeri Medan)
Raden Odie Himawan Laksono (Bank HSBC, Cabang Hayamwuruk)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh periklan terhadap pilihan mahasiswa, 2) pengaruh promosi penjualan terhadap pilihan mahasiswa, 3) pengaruh penjualan pribadi terhadap pilihan mahasiswa, 4) pengaruh hubungan masyarakat dan publisitas terhadap pilihan siswa 5) pengaruh bauran promosi (marketing communication/promotional mix), yaitu periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, hubungan masyarakat dan publisitas secara bersama-sama terhadap pilihan mahasiswa melalui metode statistik. Pengumpulan data pada penelitian kausal komparatif ini akan dilakukan melalui wawancara dengan memberikan angket kepada responden yang merupakan mahasiswa yang sampelnya adalah mahasiswa pada dua kelas yang pada semester berjalan merupakan mahasiswa saya pada mata kuliah Analisis Laporan Keuangan di Politeknik Negeri Jakarta. Kajian ini yang mengedepankan penelitian ilmiah terapan berorientasi produk yang berada dalam ruang lingkup bidang kajian yang difokuskan pada masalah-masalah seperti Ekonomi dan Bisnis sebagaimana tertuang dalam RIRN (Rencana Induk Riset Nasional) dan Renstra (Rencana Strategis) Politeknik Negeri Jakarta akan diawali dengan penentuan sampel kemudian menguji hipotesis melalui analisis statistik dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi berganda serta statistik uji-t. Output yang ingin dicapai adalah model statistik pengaruh periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, hubungan masyarakat dan publisitas baik secara parsial maupun kolektif terhadap pilihan mahasiswa. Model tersebut juga akan menunjukkan seberapa kuat pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan pilihan mahasiswa terhadap Program Studi (Prodi) Akuntansi. Saran lainnya dapat diberikan bagi pembuatan kebijakan terkait penggunaan bauran promosi pada Prodi Akuntansi. Artikel tersebut akan dimuat dalam Jurnal Ilmiah Nasional Terakreditasi Sinta 4, dan juga akan dipresentasikan pada sebuah Seminar Nasional.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

polimedia

Publisher

Subject

Engineering Social Sciences

Description

Polimedia is a journal managed by UPT Penerbitan as one of the supporting facilities in developing the potential of the Politeknik Negeri Medan (Polmed) in the effort to spread knowledge. This journal was first published in 1998 as a forum to accommodate the journal/scientific papers of Politeknik ...