JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal)
Vol 11, No 2 (2019)

ANALISIS PENERIMAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI E-LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN PARTIAL LEAST SQUARE (Studi Kasus: Universitas Katolik Widya Karya Malang)

Agung Perkasa Jampur (Unknown)
Vinno Chrsitmantara (Universitas Katolik Widya Karya Malang)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2019

Abstract

Bentuk pembelajaran pada era Teknologi Informasi dituntut untuk fleksibel dan dapat diakses dengan mudah baik mahasiswa maupun dosen. Universitas Katolik Widya Karya Malang telah memiliki sistem pembelajaran online yaitu e-learning yang dikembangkan pada 2018, namun baru empat jurusan/program studi dari sembilan yang menggunakan-nya dalam kegiatan belajar mengajar, jumlah kelas-nya pun masih sangat sedikit, sehingga perlu dilakukan penelitian akan tingkat penerimaan sistem pembelajaran oleh pengguna. Metode yang digunakan merupakan bagian dari Technology Acceptance Model (TAM) yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel Perceived ease of use (PEU) terhadap Perceived usefulness (PU),  pengaruh variabel Perceived ease of use dan Perceived usefulness terhadap Attitude Toward Using (ATU) yang diterapkan pada pengguna e-learning. Alat pengukuran hipotesis yang digunakan yaitu analisis Structural Equation Model (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Dari hasil penelitian diperoleh bahwa variabel Perceived ease of use berpengaruh signifikan terhadap variabel Perceived usefulness, variabel Perceived ease of use tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Attitude Toward Using, dan variabel Perceived usefulness tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Attitude Toward Using.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Library & Information Science Other

Description

Journal Of Information Systems or abbriviated as JIS is a jorunal that published by Major Of Information Systems Faculty of Computer Science Sriwijaya University. JSI start published in April 2009, which is VOL 1 NO 1 2009. JSI published a journal twice in year , that is on April and October. The ...