Jurnal Riset Manajemen Komunikasi
Volume 1, No.1, Juli 2021, Jurnal Riset Manajemen Komunikasi (JRMK)

Hubungan Penggunaan Instagram Simamaung dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers

Muhamad Fauzi Rohimat Desfiana (Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung)
Satya Indra Karsa (Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2021

Abstract

Abstract. The development of information technology has increased, one of which is by utilizing social media. In general, social media is used to make friends and connect with relatives in parts of the world. But now social media is used as a medium to get information in the field of sports. Instagram is a platform that is currently widely used by the public to get information, especially in sports and football clubs. One of these factors made Simamaung use Instagram as information media. Simamaung is a fan site and information media that reports about the Persib Bandung football club. In addition to reporting information about the development of Persib Bandung, Simamaung has a difference with other Persib bandung information media by providing information about the statistics of players, coaches and clubs. This study aims to determine the relationship between the use of Instagram social media Simamaung with the fulfillment of followers' information needs about Persib Bandung. The method used is a quantitative correlational method with descriptive analysis and inferential analysis techniques. The study population is followers of Instagram Simamaung (@simamaungcom) with a total sample of 100 samples. The technique used to take samples is the Simple Random Sampling technique. The theory used is the theory of Uses and Gratifications. The results showed that there was a significant and moderate relationship between the use of Instagram social media Simamaung with the fulfillment of followers' information needs about Persib Bandung. Abstrak. Perkembangan teknologi informasi semakin mengalami peningkatan, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial. Pada umunya, media sosial digunakan untuk mencari teman dan menguhubungkan dengan kerabat di belahan dunia. Namun saat ini media sosial dimanfaatkan sebagai media untuk mendapat informasi di bidang olahraga. Instagram adalah sebuah platform yang saat ini banyak digunakan oleh khalayak untuk mendapat informasi terutama dalam bidang olahraga dan klub sepakbola. Salah satu faktor tersebut membuat Simamaung menggunakan Instagram sebagai media informasi. Simamaung merupakan sebuah fan site dan media informasi yang memberitakan seputar klub sepakbola Persib Bandung. Selain memberitakan informasi seputar perkembangan Persib Bandung, Simamaung mempunyai perbedaan dengan media informasi Persib bandung lainnya dengan memberikan informasi seputar statistik pemain, pelatih dan klub. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media sosial Instagram Simamaung dengan pemenuhan kebutuhan informasi followers mengenai Persib Bandung. Metode yang digunakan adalah metode korelasional kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Populasi penelitian merupakan followers dari Instagram Simamaung (@simamaungcom) dengan jumlah sampel sebanyak 100 sampel. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel yakni teknik Simple Random Sampling. Teori yang digunakan adalah teori Uses and Gratifications. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan sedang antara penggunaan media sosial Instagram Simamaung dengan pemenuhan kebutuhan informasi followers mengenai Persib Bandung.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JRMK

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Riset Manajemen Komunikasi Jurnal Riset Manajemen Komunikasi (JRMK) adalah jurnal peer review dan dilakukan dengan double blind review yang mempublikasikan hasil riset dan kajian teoritik terhadap isu-isu empirik dalam sub kajian manajemen komunikasi. JRMK ini dipublikasikan pertamanya 2021 ...