Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi (FIPA)
Vol 5, No 1 (2017): FIPA 9

PENGARUH TAX PLANNING DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PROPERTY YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

Eva Rafika Dewi (Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Madiun)
Elva Nuraina (Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Madiun)
Nik Amah (Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tax planningdan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (StudiEmpiris Pada Perusahaan Properti yang Terdaftar Di Bursa EfekIndonesia). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan properti yangterdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2013 –2015. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian inimenggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperolehjumlah sampel sebanyak 28 perusahaan dengan data akhirberjumlah 84 laporan keuangan. Sumber data dalam penelitian iniadalah data sekunder yang diunduh melalui www.idx.co.id danwebsite perusahaan masing - masing berupa laporan keuangantahunan perusahaan selama 3 tahun pada periode 2013 – 2015.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisisregresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwatax planning berpengaruh terhadap manajemen laba padaperusahaan properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia,sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadapmanajemen laba pada perusahaan properti yang terdaftar di BursaEfek Indonesia, serta secara simultan tax planning dan ukuranperusahaan berpengaruh terhadap manajemen laba padaperusahaan properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

FIPA

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The proceedings contain papers in the field of accounting science and education that have been presented in Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi or Scientific Forum on Accounting Education (FIPA). This forum not only contains paper presentations, but also seminars with competent speakers in accounting ...