Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatanJoyful Learning berbantu humor terhadap prestasi belajar Akuntansi siswakelas X SMK PSM 2 Kawedanan tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian inimenggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi-experimentalresearch). Populasi yang menjadi sasaran penelitian ini adalah seluruh siswakelas X Akuntansi SMK PSM 2 Kawedanan Kabupaten Magetan tahunpelajaran 2016/2017 yang berjumlah 35 siswa. Penentuan sampel dalampenelitian ini dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Analisis data meliputiuji validitas, reliabilitas, uji taraf kesukaran, uji daya beda, uji prasyarat danuji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatanJoyful Learning berbantu humor terhadap prestasi belajar Akuntansi Siswakelas X SMK PSM 2 Kawedanan tahun pelajaran 2016/2017. Prestasi belajarsiswa yang diajar menggunakan pendekatan Joyful Learning berbantu humorlebih baik dibandingkan prestasi belajar siswa saat belajar tanpamenggunakan pendekatan Joyful Learning berbantu humor. Kata Kunci joyful learning berbantu humor, prestasi belajar, akuntansi
Copyrights © 2017