Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi (FIPA)
Vol 5, No 1 (2017): FIPA 9

PENERAPAN PENDEKATAN JOYFUL LEARNING BERBANTU HUMOR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK PSM 2 KAWEDANAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sri Wahyuningsih (Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Madiun)
Supri Wahyudi Utomo (Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Madiun)
Anggita Langgeng Wijaya (Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2017

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatanJoyful Learning berbantu humor terhadap prestasi belajar Akuntansi siswakelas X SMK PSM 2 Kawedanan tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian inimenggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi-experimentalresearch). Populasi yang menjadi sasaran penelitian ini adalah seluruh siswakelas X Akuntansi SMK PSM 2 Kawedanan Kabupaten Magetan tahunpelajaran 2016/2017 yang berjumlah 35 siswa. Penentuan sampel dalampenelitian ini dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Analisis data meliputiuji validitas, reliabilitas, uji taraf kesukaran, uji daya beda, uji prasyarat danuji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatanJoyful Learning berbantu humor terhadap prestasi belajar Akuntansi Siswakelas X SMK PSM 2 Kawedanan tahun pelajaran 2016/2017. Prestasi belajarsiswa yang diajar menggunakan pendekatan Joyful Learning berbantu humorlebih baik dibandingkan prestasi belajar siswa saat belajar tanpamenggunakan pendekatan Joyful Learning berbantu humor. Kata Kunci joyful learning berbantu humor, prestasi belajar, akuntansi

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

FIPA

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The proceedings contain papers in the field of accounting science and education that have been presented in Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi or Scientific Forum on Accounting Education (FIPA). This forum not only contains paper presentations, but also seminars with competent speakers in accounting ...