Dinamika
Vol 2 No 1 (2022): DINAMIKA : Jurnal Manajemen Sosial EkonomiĀ 

Peran Online Consumer Review dan Trust Dalam Keputusan Pembelian Online

Heni Susilowati (STIE Studi Ekonomi Modern)
Arvi Agustiya (STIE Studi Ekonomi Modern)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Perilaku konsumen mengalami perubahan dari belanja offline menjadi online. Bisnis e-commerce semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat. Keputusan pembelian konsumen melalui transaksi berbasis online antara lain perlu mempertimbangkan review konsumen online (OCR) dan kepercayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh OCR dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian di Tokopedia. Sampel yang digunakan 100 responden dengan teknik random sampling. Data diolah menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan OCR dan kepercayaan secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. OCR dan kepercayaan mampu menjelaskan 86,4% persepsi konsumen dalam memutuskan pembelian, sisanya 13,6% merupakan pengaruh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dinamika

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Merupakan peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam bidang ilmu-ilmu ekonomi manajemen dan bisnis yang meliputi bidang manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, sosial, Ekonomi yang dikelola dan diterbitkan oleh LPPM ...