DIRHAM Jurnal Ekonomi Islam
Vol 1, No 2 (2020): DIRHAM Jurnal Ekonomi Islam

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH NONMUSLIM MEMILIH BANK SYARIAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP STRATEGI PEMASARAN (Studi Kasus Pada PT Bank Syariah Mandiri)

Puti Khairani Rijadi (Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi)
Saiful Anwar (STIE Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah non Muslim memilih Bank Syariah Mandiri, serta implikasinya terhadap strategi pemasaran. Metode yang dipakai dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner dari Google Survey untuk analisis faktor. Setelah itu data diolah dengan menggunakan SPSS 22, dan untuk strategi pemasaran Bank Syariah Mandiri menggunakan Analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah non Muslim memilih Bank Syariah Mandiri, yaitu: 1) faktor syariah, 2) faktor promosi, 3) faktor lokasi, 4) faktor produk, 5) faktor harga, 6) faktor SDM, 7) faktor proses, dan 8) faktor fisik. Adapun faktor yang paling dominan adalah faktor syariah, yaitu adanya larangan atas bunga karena termasuk riba dan tidak adil. Strategi yang harus diterapkan adalah menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang dengan cara strategi diversifikasi (produk atau pasar).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dirham

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Berisi tentang hasil penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang pengembangan ekonomi syariah, dari sisi penerapan di UMKM, industri berskala besar, perbankan dan non-profit, yang dikaitkan dengan hukum ekonomi dan perdagangan sesuai syariah ...