Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 1 (2019): Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 5 Tikala Kabupaten Toraja Utara

Salo, Eky Setiawan (Unknown)
Tulak, Topanus (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2019

Abstract

Dalam kegiatan ini proses pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Fokus proses dan hasil penelitian adalah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran matematika materi tentang statistika. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas IV SDN 5 Tikala dengan jumlah siswa 23 orang yang terdiri dari 13 perempuan dan 10 laki-laki. Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini adalah rubrik, observasi guru, observasi siswa dan wawancara. Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 52.16 dengan kriteria kurang aktif dan siklus II sebesar 95.65 dengan kriteria sangat aktif. Nilai rata-rata aktivitas mengajar guru pada siklus 1 76.46 dan siklus II 95.09, aktivitas belajar siswa pada siklus I 64.7 dan siklus II 87.49. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN 5 Tikala kabupaten Toraja Utara.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ej

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Mathematics Other

Description

ELEMENTARY JOURNAL : JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Nama Jurnal Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Frekwensi 2 Issue / Tahun DOI Prefix https://doi.org/10.47178/elementary P-ISSN 2622-0431 E-ISSN 2829-1611 Penerbit LP2M Universitas Kristen Indonesia Toraja Analisis ...