Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 1 (2019): Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Hubungan Antara Lingkungan Belajar Di Sekolah Dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 101 Makale 4

Ramopoly, Irene Hendrika (Unknown)
Hakpantria, Hakpantria (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2019

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 101 Makale 4. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif antara lingkungan belajar di sekolah dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 101 Makale 4, Tana Toraja. Populasi penelitian ini berjumlah 55 siswa, dengan sampel sebanyak 55 siswa, karena teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah adalah metode observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus product moment. Hasil analisis data menunjukkan ada hubungan yang positif antara lingkungan belajar di sekolah dengan prestasi belajar IPS dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,673, dan terdapat hubungan yang erat antara lingkungan belajar di sekolah dengan prestasi belajar IPS dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,673 lebih besar dari pada ?tabel yaitu 0,266.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ej

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Mathematics Other

Description

ELEMENTARY JOURNAL : JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Nama Jurnal Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Frekwensi 2 Issue / Tahun DOI Prefix https://doi.org/10.47178/elementary P-ISSN 2622-0431 E-ISSN 2829-1611 Penerbit LP2M Universitas Kristen Indonesia Toraja Analisis ...