Bimbingan orang tua adalah orang tua memberikan kasih sayang, memenuhi kebutuhan anaknya, memberikan pengawasan saat anaknya belajar, menyediakan fasilitas belajar, memberikan motivasi dalam belajar dan menciptakan suasana belajar yang kondusif serta membantu anak dalam memecahkan masalah. Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh siswa selama berlangsungnya proses belajar mengajar dalam jangka waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat bimbingan orang tua siswa kelas IV SDN No. 116 Rante Kasimpo Kelas Jauh, untuk mengetahui tingkat prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN No.116 Rante Kasimpo Kelas Jauh, dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN No.116 Rante Kasimpo Kelas Jauh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN No.116 Rante Kasimpo Kelas Jauh tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 10 siswa yang hanya terdiri dari 1 kelas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar IPA dengan tingkat signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinasi () yang diperoleh sebesar 0,199 yang menandakan bahwa bimbingan orang tua memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar IPA sebesar 19,9%, selebihnya 80,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Dari hasil analisis regresi diperoleh nilai konstan sebesar 62,126, koefisien regresi untuk variabel bimbingan orang tua sebesar 0,259, sehingga diperoleh persamaan regresi sederhana Y= 62,126 + 0,259X.
Copyrights © 2019