Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 3 No. 2 (2020): Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di SDN 06 Buntao’

Tulak, Topanus (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya kesulitan belajar matematika yang dialami siswa kelas V dalam penerapan Kurikulum 2013 di SDN 06 Buntao’. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah guru dan 5 orang siswa di SDN 06 Buntao’ Kabupaten Toraja Utara tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu tahap reduksi data, tahap menyajikan data, dan tahap kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar matematika yang dialami siswa kelas V SDN 06 Buntao’ yaitu gangguan kesulitan hubungan keruangan (pemahaman konsep), kesulitan perseverasi, kesulitan mengenal dan memahami simbol, dan kesulitan bahasa dan membaca.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ej

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Mathematics Other

Description

ELEMENTARY JOURNAL : JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Nama Jurnal Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Frekwensi 2 Issue / Tahun DOI Prefix https://doi.org/10.47178/elementary P-ISSN 2622-0431 E-ISSN 2829-1611 Penerbit LP2M Universitas Kristen Indonesia Toraja Analisis ...