J-Sil (Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan)
Vol. 7 No. 2: Agustus 2022

Perancangan Penggunaan Air Sungai Ciapus untuk Menyuplai Air Irigasi di Persemaian Permanen Dramaga Bogor: Design of Ciapus’s River Utilization River Water to Supply Irrigation Water in Dramaga Permanent Nursery

Joice Ester Manihuruk (IPB University)
Budi Indra Setiawan (IPB University)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Persemaian Permanen Darmaga didirikan dalam rangka menyediakan kualitas bibit yang baik untuk rehabilitasi hutan dan lahan. Pada musim kemarau, penanaman tidak bisa dilakukan karena ketersediaan air yang terbatas, oleh sebab itu perlu alternatif penyediaan air yang dapat disuplai secara kontinyu. Penelitian ini bertujuan untuk merancang reservoir untuk penampungan air irigasi. Dalam perancangan, digunakan data iklim yang terdiri dari data bulanan curah hujan, suhu rata-rata, kecepatan angin rata-rata, lama penyinaran matahari, dan kelembapan relatif 10 tahun terakhir (2011-2020). Pendugaan evapotranspirasi dilakukan pula dengan metode Hargreaves dengan menggunakan data iklim harian. Hasil studi menujukkan bahwa kekurangan air irigasi pada puncak musim kemarau sebanyak 4.20 mm/hari atau setara 24.47 m3/hari. Kebutuhan air irigasi tertinggi untuk mencukupi kebutuhan evapotranspirasi dan perkolasi sebanyak 46.09 m3/hari pada bulan September. Kapasitas reservoir yang dirancang sebesar 12 m3. Reservoir ini berdimensi dengan panjang 3 m, lebar 2 m dan tinggi 2 m yang dilengkapi dengan pipa inlet dan outlet dengan diameter 3 inches dan 2 inches.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jsil

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Earth & Planetary Sciences Engineering Transportation

Description

J-Sil (Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan or Journal of Civil and Environmental Engineering) was established in 2016 and managed by the Department of Civil and Environmental Engineering, IPB University (Bogor Agricultural University). The journal aims at disseminating original and quality academic ...