AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui permainan kartu huruf. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Panca Setya Sintang yang berjumlah 8 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui permainan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A TK Panca Setya Sintang. Hasil ini ditunjukkan dengan hasil peningkatan kemampuan membaca permulaan pratindakan bahwa dari 8 anak, 2 anak (12,25%) pada kategori sangat baik. Hasil siklus 1 kemampuan membaca permulaan anak meningkat menjadi 4 anak (53,60%) pada kategori baik. Hasil siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan kemampuan membaca permulaan pada kategori sangat baik menjadi 6 anak (89,50%). Kata kunci: membaca permulaan, permainan kartu huruf
Copyrights © 2020