Bio-Pedagogi : Jurnal Pembelajaran Biologi
Vol 11, No 1 (2022): Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi

Analisis Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Alanindra Saputra (Pendidikan Biologi, Universitas Sebelas Maret, Kota Surakarta, Jawa Tengah, 57126.)
Aisyah Nur Safitri (Pendidikan Biologi, Universitas Sebelas Maret, Kota Surakarta, Jawa Tengah, 57126.)
Ratna Rahayu (Universitas Sebelas Maret)
Inten Purwoning Dyah (SMA Negeri 1 Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, 57168.)
Sri Untari (SMA Negeri 1 Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, 57168.)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2022

Abstract

Pendidikan di Indonesia mengalami perubahan di awal tahun 2020 yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Pemerintah menerapkan kebijakan pembelajaran daring sebagai alternatif pembelajaran untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Pembelajaran secara daring merupakan hal baru bagi sebagian besar peserta didik di Indonesia, hal ini tentunya menimbulkan berbagai permasalahan dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik pada pembelajaran daring mata pelajaran biologi di tingkat SMA. Penelitian dilakukan di bulan Agustus hingga September tahun 2020. Informan pada penelitian ini adalah peserta didik tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sebanyak 72 peserta didik dari jurusan IPS yang memperoleh mata pelajaran biologi sebagai mapel lintas minat dan sebanyak 72 peserta didik dari jurusan IPA. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan yang mendominasi pembelajaran biologi secara daring, antara lain: 1) Peserta didik tidak dapat melakukan praktikum dan tidak dapat berlatih keterampilan menggunakan alat-alat laboratorium, 2) Kurangnya motivasi dan antusiasme peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran daring, 3) Peserta didik kurang aktif dalam diskusi saat pembelajaran, 4) kurangnya kedisiplinan peserta didik selama pelaksanaan pembelajaran daring. Berbagai permasalah yang dihadapi oleh peserta didik harus diatasi dengan solusi pemecahan masalah agar tidak mengganggu proses pembelajaran dan tidak membawa dampak buruk bagi hasil belajar peserta didik. Analysis of problems experienced by high school students in online biology learning during the covid-19 pandemic. Education in Indonesia underwent changes in early 2020 caused by the Covid-19 pandemic. The government implements an online learning policy as an alternative to learning. Online learning is a new thing for most students in Indonesia, this of course raises various problems in its implementation. This study aims to analyze various problems faced by students in online learning of biology subjects in high school. The study was conducted from August to September 2020. The informants in this study were 144 high school students. The research method used is descriptive qualitative. The results of the study show that: 1) Students cannot do practical work and cannot practice skills using laboratory equipment, 2) Lack of motivation and enthusiasm of students in participating in online learning activities, 3) Students are less active in discussions during learning, 4 ) lack of student discipline during the implementation of online learning. Various problems faced by students must be overcome with problem solving solutions so as not to interfere with the learning process and do not have a negative impact on student learning outcomes.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pdg

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Other

Description

Bio-Pedagogi. Jurnal Pembelajaran Biologi adalah jurnal yang dimiliki oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS. Jurnal Bio-Pedagogi akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu pembelajaran biologi. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ...