Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Penerapan metode pembelajaran Student Centered Learning (SCL) dalam pembelajaran di SDN Kedungpeluk 2 Sidoarjo

Hanik Mahliatussikah (Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang)
Eva Endah Silvia (PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Arizkylia Yoka Putri (PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Alfina Eka Pratiwi (PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai penerapan berbagai metode pembelajaran di SDN Kedungpeluk 2 selama penerjunan kampus mengajar 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengambilan data dalam penelitian ini melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Data diperoleh dari studi pendahuluan terkait kondisi siswa dan pembelajaran, serta dokumentasi kegiatan penerapan metode pembelajaran student centered learning. Analisis data kualitatif ini menggunakan analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi, penyajian dan verifikasi data. Pada kegiatan kampus mengajar 2 di SDN Kedungpeluk 2, mahasiswa menggunakan metode student centered learning (SCL) dalam proses pembelajaran di kelas, yaitu metode belajar sambil bermain, metode diskusi kelompok, metode kooperatif dan metode pembelajaran berbasis proyek. Metode SCL ini telah berhasil menimbulkan semangat dalam belajar sehingga dengan bantuan guru berhasil membuat karya kreatif. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan manuskrip dalam ranah pendidikan, pengelolaan, dan pembelajaran di sekolah dasar (lebih lengkapnya dapat dilihat pada Focus and Scope). Dipublikasikan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu ...