Gambar adalah salah satu alat komunikasi yang efektif dalam lingkungan kerja desain interior. Aneka jenis gambar menjadi alat penting dan diperlukan dalam kegiatan perancangan dengan design thinking . Tahun 1990-an berkembang riset tentang desain serta gambar-menggambar yang dikaitkan dengan teori Embodied Cognition , yang berpengaruh terhadap fungsi gambar dalam proses berpikir. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana peran gambar dalam sebuah kegiatan berpikir dan bekerja dalam pembelajaran perancangan interior. Caracara seperti apa sajakah yang dilakukan oleh mahasiswa untuk mengaplikasikan gambar dalam menyelesaikan tugas perancangannya. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif analitis. Data dikumpulkan lewat studi pustaka, pemeriksaan dokumen perancangan, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambar tidak hanya penting untuk berkomunikasi dengan orang lain tetapi lebih penting lagi adalah untuk dipakai berkomunikasi dengan diri sendiri atau untuk berpikir, yaitu dalam rangka melancarkan proses pengembangan gagasan. Dan pada masa pandemi covid-19 pembelajaran menggambar dalam desain masih menghadapi beberapa kendala.Kata kunci: embodied cognition, proses desain, gambar, pengembangan gagasan, pandemi covid-19.
Copyrights © 2022