Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 5 (2022)

Penerapan Model Pembelajaran Area untuk Mendukung Kemampuan Kognitif Anak dalam Pembelajaran Daring

Rohita Rohita (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia)
Nurul Anisa (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia)
Syaidhatul Nur Fitriah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Al Azhar Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan tentang penerapan model pembelajaran area untuk mendukung kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran daring. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk mengolah data yang diperoleh. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria utama lembaga yang menggunakan model pembelajaran area. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama pandemic, pendidik menerapkan model pembelajaran area dalam mendukung kemampuan kognitif anak yang mencakup kemampuan pemecahan masalah, berpikir logis, dan berpikir simbolik dengan membuka area Matematika sebagai satu dari 3 area yang disediakan, menggunakan pendekatan teacher centered learning, menggunakan strategi direct instruction, serta menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran. Namun selama daring, lembaga tidak dapat menerapkan prosedur model pembelajaran area yang memfasilitasi kebebasan anak untuk memilih dan melakukan kegiatan yang diminatinya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...