Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo
Vol 8, No 2 (2022)

DAMPAK KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP NET BENEFIT PEMAKAIAN WEBSITE LAZISMU SOLO DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUASAN PENGGUNA

Kholifah Rizkia Syahfitri (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Rina Trisnawati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Fatchan Ahyani (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilakukan dengan mengadopsi komponen-komponen yang ada pada model DeLone and McLean yaitu kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas pelayanan, kepuasan pengguna dan net benefit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan terhadap net benefit website LAZISMU Solo, pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan terhadap net benefit yang dimediasi oleh kepuasan pengguna dan kepuasan pengguna website LAZISMU Solo terhadap net benefit di LAZISMU Solo.  Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Muzakki yang menggunakan website https://www.lazismusolo.org/. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling, sehingga terdapat 150 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) melalui google form yang disebar kepada Muzakki melalui media whatsapp. Hasil yang diperoleh yaitu kualitas sistem dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap net benefit, kualitas informasi tidak berpengaruh terhadap net benefit, kepuasan pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap net benefit, kualitas sistem & kualitas sistem berpengaruh signifikan terhadap net benefit dan dimediasi oleh kepuasan pengguna, kualitas informasi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap net benefit dan tidak dimediasi oleh kepuasan pengguna.Kata kunci: Kesuksesan Sistem Informasi, DeLone & McLean, WebsiteABSTRACTThis research was conducted by adopting the existing components in the DeLone & McLean model, namely information quality, system quality, service quality, user satisfaction & net benefits. The purpose of this study was to examine the effect of system quality, information quality, & service quality on the net benefits of the LAZISMU Solo website, the effect of system quality, information quality & service quality on net benefits mediated by user satisfaction and user satisfaction of the LAZISMU Solo website on net benefits at LAZISMU Solo. The sample used in this study is Muzakki who uses the website https://www.lazismusolo.org/. The sampling technique used is convenience sampling, so there are 150 respondents. Data collection was carried out using a questionnaire via a google form. The results obtained are system quality & service quality have a positive significant effect on net benefits, information quality has no effect on net benefits, user satisfaction has a positive significant effect on net benefits, system quality & service quality have a significant positive effect on net benefits and mediated by user satisfaction, information quality has no effect and is not significant on net benefits and is not mediated by user satisfaction.Kata kunci: Information systems Success, DeLone & McLean, Website

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurakun

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi merupakan jurnal ilmiah enam bulanan yang memuat hasil-hasil penelitian bidang ilmu ekonomi akuntansi serta disiplin ilmu lainnya yang relevan dengan bidang ilmu eknomi dalam arti ...