Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 7, No 2 (2022): Volume 7 Nomor 2, Mei 2022

Trend Kinerja Keuangan Koperasi Kredit Simpan Pinjam: Perspektif Arus Kas Operasi (Studi pada Koperasi Primer di Puskopdit Swadaya Utama Maumere)

Magdalena Silawati Samosir (universitas nusa nipa)
Yosefina Andia Dekrita (universitas nusa nipa)
Cicilia Ayu Wulandari (universitas nusa nipa)



Article Info

Publish Date
29 May 2022

Abstract

Koperasi merupakan lembaga yang menjalankan suatu kegiatan usaha dan pelayanan yang kepada masyarakat dengan tujuan utama koperasi adalah meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 (UU No. 25 tahun 1992 pasal 3). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi trend kinerja keuangan koperasi kredit dengan menggunakan analisis arus kas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan menjabarkan hasil analisis lima aspek rasio arus kasĀ  yaitu Rasio Arus Kas Operasi, Rasio Arus Kas terhadap Bunga, Rasio Pengeluaran Modal, Rasio Total Hutang dan Rasio Arus Kas terhadap Laba Bersih. Hasil penelitian Kinerja keuangan limakoperasi kredit dibawah naungan Pusat Koperasi Kredit Swadaya Utama dinilai dari Laporan Arus Kas yang dinyatakan masih kurang baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...