Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol. 7 No. 1 (2018): Maret 2018

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMKN 4 Denpasar

I Ketut Putra Ardana (SMK Negeri 4 Denpasar)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar mtematika siswa kelas XI Tata Boga 1 pada materi barisan dan deret tak hingga, melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMK Negeri 4 Denpasar dengan subjek penelitian siswa kelas XI Tata Boga 1 sebanyak 39 orang. Data penelitian berupa prestasi belajar siswa, dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar dari prasiklus ke siklus I dilihat dari aspek pengetahuan nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 47,95%, aspek keterampilan nilai rata-rata mengalami peningkatan 6,74%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II berdasarkan aspek pengetahuan nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 42,95%, aspek keterampilan nilai rata-rata, mengalami peningkatan sebesar 11,67%. Jadi melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SMK Negeri 4 Denpasar kelas XI Tata Boga 1 pada materi barisan dan deret tak hingga tahun pelajaran 2016/2017.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

emasains

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Mathematics

Description

Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the FKIP Education University PGRI Mahadewa Indonesia. This journal is published twice a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from ...