Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol. 7 No. 1 (2018): Maret 2018

Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

I Wayan Sumandya (FPMIPA IKIP PGRI Bali)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2018

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran RME dengan pembelajaran konvensional, berdasarkan gaya berpikirnya. Jenis penelitian adalah eksperimen semu, dengan populasi berupa seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mengwi. Data hasil belajar matematika dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk esay, sedangkan data gaya berpikir diperoleh dengan instrument angket gaya berpikir. Data dianalisis menggunakan analisis varian dua jalur. Temuan penelitian adalah: 1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara Siswa yang diajar dengan pendekatan RME dengan pembelajaran konvensional. 2) Untuk siswa yang memiliki gaya berpikir divergen, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran RME dengan pembelajaran konvensional. 3) Untuk siswa yang memiliki gaya berpikir konvergen, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran RME dengan pembelajaran konvensional. 4) Temuan penelitian kedua dan ketiga mengindikasikan adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan gaya berpikir siswa. Simpulan penelitian bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran RME dan gaya berpikir terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mengwi Tahun Pelajaran 2017/2018.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

emasains

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Mathematics

Description

Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the FKIP Education University PGRI Mahadewa Indonesia. This journal is published twice a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from ...