Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol. 6 No. 2 (2017): September 2017

Pengaruh the Power of Two terhadap Prestasi Perkuliahan Pengantar Statistika dengan Mengontrol Pengetahuan Awal

Imam Suseno (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2017

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran the power of two dengan mengontrol pengetahuan awal terhadap hasil belajar pengantar statistika di Prodi Bahasa Inggris Uninversitas Indraprasta PGRI Jakarta. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh the power of two terhadap hasil belajar pengantar statistika, dengan mengontrol pengetahuan awal mahasiswa. Penelitian dilakukan di prodi bahasa Inggris Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain faktorial 2 X 2, sampel seluruhnya berjumlah 60 diambil secara random dari populasi yang terbagi dalam empat kelompok, setiap kelompok terdiri atas 15 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ada dua yaitu: (1) tes pengetahuan awal statistika, (2) tes hasil belajar pengantar statistika. Data penelitian dianalisis dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur dan dilakukan uji lanjut karena terdapat interaksi antar faktor. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) Mahasiswa yang berpengetahuan awal tinggi dan diajar dengan metode the power of two hasil belajarnya lebih tinggi daripada mahasiswa mempunyai pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan konvensional, (2) Mahasiswa yang berpengetahuan awal rendah dan diajar dengan the power of twohasil belajarnya lebih tinggi daripada mahasiswa yang berpengetahuan awal rendah yang diajar dengan konvensional.Implikasi hasil penelitian ini adalahpembelajaran pengantar statistika dengan menggunakan metode the power of two dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa prodi bahasa Inggris.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

emasains

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Mathematics

Description

Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the FKIP Education University PGRI Mahadewa Indonesia. This journal is published twice a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from ...