Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol. 6 No. 2 (2017): September 2017

Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Bakat Numerik Siswa

Ni Made Dianti Purwaningsih (IKIP PGRI Bali)
I Wayan Widana (IKIP PGRI Bali)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model Problem Based Learning dengan model konvensional setelah mengendalikan kecerdasan logis matematis. Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol non ekivalen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 10 kelas dengan 374 siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik simple random sampling. Ada dua sampel, kelas VII F (kelompok eksperimen) dan kelas VII H (kelompok kontrol). Data dikumpulkan dengan tes dan metode observasi. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah kecerdasan logis matematis dan tes hasil belajar matematika. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dan analisis kovarians. Hasil analisis data adalah: (1) terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model Problem Based Learning dengan model konvensional, (2) terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model Problem Based Learning dengan model konvensional setelah mengendalikan matematis logis. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti model Problem Based Learning dengan model pembelajaran konvensional dengan mengendalikan kecerdasan logis matematis siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Mengwi 2016/2017.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

emasains

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Mathematics

Description

Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the FKIP Education University PGRI Mahadewa Indonesia. This journal is published twice a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from ...