Pembelajaran matematika berfungsi sebagai wahana mengembangkan kemampuan mengkombinasikan gagasan dengan bahasa melalui model matematika yang dapat berupa kalimat dan persamaan matematika, diagram, grafik atau tabel. Untuk dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan tersebut diperlukan ketrampilan proses dalam rangka meningkatkan hasil belajar yang berguna bagi kehidupan siswa dan lingkungannya. Pengembangkan ketrampilan proses pada pelajaran matematika, dapat menggunakan berbagai metode atau pendekatan mengajar dan menuangkannya pada model pembelajaran yang sesuai. Beberapa model yang dapat diadopsi antara lain : pembelajaran langsung (direct instructions), Cooperatif lerning, problem based instructions, learning and study strategies serta presentations. Model pembelajaran ini dapat diterapkan disuaikan dengan karakteristik materi. Dalam satu Standar Kompetensi tidak tertutup kemungkinan menggunakan lebih dari satu macam model (multimodel) pembelajaran. Dengan menerapkan multimodel pembelajaran pada kegiatan belajar mengajar diharapkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar dapat dioptimalkan.
Copyrights © 2021