Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan
Vol. 1 No. 7 (2021)

Faktor-Faktor Motivasi yang Berpengaruh terhadap Loyalitas Anggota OSIS

Farida Nuraini (Universitas Negeri Malang)
Burhanuddin Burhanuddin (Universitas Negeri Malang)
Djum Djum Noor Benty (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2021

Abstract

Abstract: This study aims to determine motivational factors and their influence on the loyalties of intern school student council members. This study is classified as quantitative research with multivariate correlational design. The results showed that: (1) the factors of motivation namely physiological needs, security, social, respect, and self-actualization; (2) factors that encourage loyalties namely membership and duties; (3) physiological needs in the high category, security needs in the high category, social needs in the high category, the need for rewards in the medium category, and the need for self-actualization in the high category, (4) membership in the medium category, and tasks in the high category; (5) there is an influence of motivation on loyalties; simultaneously there is an influence of motivational factors on membership factors, partially the motivational factors that influence the membership factors are the need for appreciation and self-actualization needs, simultaneously there is the influence of motivational factors on task factors, partially motivational factors that affect the task factor are social needs, appreciation needs, and self-actualization needs. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor motivasi dan pengaruhnya terhadap loyalitas Anggota OSIS. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan desain correlational multivariate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor-faktor motivasi Anggota OSIS yaitu kebutuhan fisiologis, keamanan, sosial, penghargaan, dan aktualisasi diri; (2) faktor-faktor yang mendorong loyalitas yaitu keanggotaan dan tugas; (3) kebutuhan fisiologis dalam kategori tinggi, kebutuhan keamanan dalam kategori tinggi, kebutuhan sosial dalam kategori tinggi, kebutuhan penghargaan dalam kategori sedang, dan kebutuhan aktualisasi diri dalam kategori tinggi, (4) keanggotaan dalam kategori sedang, dan tugas dalam kategori tinggi; (5) terdapat pengaruh motivasi terhadap loyalitas; secara simultan terdapat pengaruh faktor-faktor motivasi terhadap faktor keanggotaan, secara parsial faktor motivasi yang berpengaruh terhadap faktor keanggotaan adalah kebutuhan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri, secara simultan terdapat pengaruh faktor-faktor motivasi terhadap faktor tugas, secara parsial faktor motivasi yang berpengaruh terhadap faktor tugas adalah kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan menerbitkan naskah terkait pendidikan mencakup pembelajaran anak usia dini, sekolah dasar, bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, manajemen, pendidikan luar sekolah, serta pendidikan anak berkebutuhan ...