Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan
Vol. 1 No. 7 (2021)

Analisis Minat Belajar Siswa dalam Penggunaan Aplikasi Belajar Quizizz pada Pembelajaran Tematik Kelas III Sekolah Dasar

Dewi Nur Yulistiarawati (Universitas Negeri Malang)
Siti Umayaroh (Universitas Negeri Malang)
Yulia Linguistika (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2021

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to describe the learning interest of class III B students at SDN Bumiayu 3 Malang City when learning without using the Quizizz learning application and to describe the learning interests of class III B students at SDN Bumiayu 3 Malang City when learning using the Quizizz learning application. The approach used is a mix method (combination research) with the type of research using descriptive research and the design method used is the parallel combined method design. Data were collected using a questionnaire (questionnaire), interviews and documentation. The results of the study showed that students' interest in learning without using the Quizizz learning application was categorized as moderate with a percentage of 63 percent. Then for students' interest in learning using the Quizizz learning application, the percentage of 83 percent is in the high category. There is an increase in interest in learning, namely 20 percent, so it can be concluded that the Quizizz learning application can be an alternative for teachers in using learning media during online learning during a pandemic to increase students' interest in learning, as well as create a more interesting, fun, not monotonous learning atmosphere for learning. followed by students, and utilize technology. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan minat belajar peserta didik kelas III B SDN Bumiayu 3 Kota Malang ketika pembelajaran tanpa menggunakan aplikasi belajar Quizizz dan mendeskripsikan minat belajar peserta didik kelas III B SDN Bumiayu 3 Kota Malang ketika pembelajaran menggunakan aplikasi belajar Quizizz. Pendekatan yang digunakan yaitu mix method (penelitian kombinasi) dengan jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif dan desain metode yang digunakan yaitu desain metode gabungan paralel. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik tanpa menggunakan aplikasi belajar Quizizz dikategorikan sedang dengan persentase 63 persen. Kemudian untuk minat belajar peserta didik menggunakan aplikasi belajar Quizizz menunjukkan persentase 83 persen yang termasuk kategori tinggi. Terdapat peningkatan minat belajar yaitu 20 persen, sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi belajar Quizizz dapat menjadi alternatif guru dalam menggunakan media pembelajaran selama pembelajaran dalam jaringan di masa pandemi guna meningkatkan minat belajar peserta didik, serta menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik, menyenangkan, tidak monoton untuk diikuti peserta didik, dan memanfaatkan teknologi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan menerbitkan naskah terkait pendidikan mencakup pembelajaran anak usia dini, sekolah dasar, bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, manajemen, pendidikan luar sekolah, serta pendidikan anak berkebutuhan ...