AGRITEKH (Jurnal Agribisnis dan Teknologi Pangan)
Vol. 1 No. 02 (2021)

Pengaruh Variasi Dosis Polivinil Pirolidon (PVP) dan Maltodekstrin terhadap Respon Organoleptik Tablet Effervescent Kopi Robusta (Coffea robusta Lindl)

Lina Herlinawati (Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Ma’soem University)
Ida Ningrumsari (Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Ma’soem University)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Pembuatan tablet effervescent kopi robusta menggunakan konsentrasi polivinil pirolidon (PVP) dan maltodekstrin yang bervariasi,diharapkan akan menghasilkan tablet effervescent kopi robusta yang memiliki warna, rasa dan aroma yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh variasi konsentrasi maltodekstrin dan PVP terhadap respon organoleptik yaitu warna, rasa, dan aroma air seduhan tablet effervescent kopi robusta. Metode/desain yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pola Rancangan Acak Kelompok (RAK)  dengan masing-masing faktor sebanyak tiga taraf dengan tiga kali ulangan dengan variasi penambahan maltodekstrin (10%,15%,20%) dan PVP (2%,3%,4%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi maltodekstrin sebagai bahan pengisi memberikan pengaruh terhadap respon organoleptik yaitu warna dan aroma air seduhan tablet effervescent kopi robusta. Konsentrasi PVP sebagai bahan pengikat memberikan pengaruh terhadap respon organoleptik yaitu pada warna air seduhan tablet effervescent kopi robusta. Interaksi antara konsentrasi maltodekstrin dan konsentrasi PVP memberikan pengaruh terhadap warna air seduhan tablet effervescent kopi robusta. Konsentrasi maltodekstrin dan PVP serta interaksinya tidak memberikan pengaruh terhadap rasa air seduhan tablet effervescent kopi robusta.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

agribisnisteknologi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Artikel yang akan diterbitkan pada Jurnal Agritekh berfokus pada Agribisnis dan Tekhnologi Pangan dengan ruang lingkupnya meliputi: Sistem Agribisnis, Manajemen Agribisnis, Pembiayaan Agribisnis, Manajemen Produksi, Manajemen Pemasaran, Rantai Pasok, Ekonomi Pertanian, Ekonomi Sumberdaya Alam, ...