Penelitian ini dilakukan pada anak-anak pinggiran sungai di Banjarmasin, Fokus dalam penelitian ini adalah permainan daerah yang yang bernama Cuk Cuk Bimbi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai –nilai pendidikan karakter yang ada dalam gerakan ditiap makna gerak permainan anak Cuk Cuk Bimbi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian deskriptif kualitatif dan triangulasi dengan observasi di daerah pinggiran sungai, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini adalah pembelajaran dan pelatihan akan sebuah gerakan yang diambil dari latihan gerak pada anak, dalam sebuah permainan lokal atau daerah setempat yang memiliki makna akan nilai-nilai pendidikan karakter didapat ditiap bentuk geraknya. Permainan daerah setempat pinggiran sungai di Kota Banjarmasin ini terdapat nilai-nilai pendidikan karakter untuk bisa ditanamkan pada anak-anak, yang bisa diterapkan dalam pembelajaran di sekolah sebagai implementasi untuk menciptakan sebuah tari anak. Penciptaan sebuah karya tari anak bisa melalui pembelajaran dalam keseharian anak-anak dalam sebuah permainan.
Copyrights © 2021