Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 2 No. 1 (2022): Vol. 2 No. 1 Januari-Juni 2022

Pengaruh Profesionalitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Era New Normal Di SMPN 1 Ketambe Aceh Tenggara

Dika Darmina (UIN Sumatera Utara Medan)
Diana Fazira (UIN Sumatera Utara Medan)
Toni Nasution (UIN Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

Sistem pembelajaran era new normal menjadikan kurangnya profesionalitas guru dalam mengajar,dengan mengikuti kebijakan pembelajaran jarak jauh dan sistem bergilir.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana menjadi guru profesional pada era new normal covid-19, dalam sistem pembelajaran yang berubah.Penelitian ini menggunakanpenelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan field research dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara dalam mengali data yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada era new normal guru dituntut untuk tetap profesional dan mampu menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan dalam dunia pendidikan. Baik dalam sistem pembelajaran daring maupun sistem pembelajaran bergilir yang dilakukan di SMPN 1 Ketambe Aceh Tenggara.guru profesional pada era new normal harus memiliki kemampuan dalam penguasaan tekhnologi karena pembelajaran daringsepenuhnya mengunakandigital dan juga dalam sistem pembelajaran bergilir. (2)Keprofesianalan guru pada mata pelajaran IPS sangat berperan penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa terutama dalam pembelajaran IPS terpadu di SMPN 1 Ketambe, Aceh Tenggara.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...