Pandemi Covid-19 mengakibatkan timbulnya berbagai permasalahan pada kehidupan manusia sehari-hari, salah satunya adalah memberikan dampak buruk bagi perekonomian pada sektor pariwisata dan UMKM, salah satunya desa yang terdampak adalah Desa Bongkasa Pertiwi. Masyarakat di Desa Bongkasa Pertiwi secara keseluruhan mengandalkan potensi wisata sebagai sumber pemasukannya, namun semenjak pandemi Covid-19 melanda negeri yang menyebabkan penurunan pendapatan masyarakat dan tidak sedikit pengusaha UMKM yang memilih untuk menutup usahanya akibat sepinya wisatawan yang berkunjung ke desa. Dengan adanya permasalahan baru yang dihadapi akibat pandemi Covid-19 ini maka solusi yang ditawarkan adalah edukasi, pelatihan serta pendampingan kepada pengusaha UMKM mengenai cara pengembangan dan pemasaran UMKM dalam masa pandemi Covid-19. Secara garis besar, hasil pengabdian ini adalah: 1) telah dilaksanakannya pelatihan pengembangan produk UMKM melalui pembuatan label kemasan usaha, dan 2) pelatihan dalam memasarkan produk UMKM dengan memanfaatkan media sosial. Kegiatan pengabdian ini telah berjalan dengan baik dan disambut dengan antusiasme mitra dan masyarakat desa. Sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif sangat diperlukan dalam upaya pengembangan produksi produk usaha serta pemasaran terutama dalam masa pandemi Covid-19 yang menyebabkan penurunan perekonomian dan daya beli masyarakat sehingga diharapkan stabilitas perekonomian desa tetap terjaga.Kata Kunci: pemasaran digital, pengembangan ekonomi kreatif, UMKM, pandemic Covid-19
Copyrights © 2021