Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data tentang pengaruh penerapan sistem media pembelajaran berbasis Moodle terhadap motivasi belajar siswa Kelas XII TKJB SMK Negeri 2 Surakarta pada kompetensi Mengadministrasi Server Jaringan. Sistem pengambilan mengacu pada teknik Research and Development (R&D) yang terdiri dari 7 (tujuh) tahap yaitu tahap potensi masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi produk, tahap uji coba produk, tahap analisa dan pelaporan. Pengukuran peningkatan motivasi belajar diperoleh dengan melakukan survei dan kuisioner yang terintegrasi dalam sistem Moodle, di mana siswa memberikan pendapatnya yang meliputi tentang fitur konten, penyajian informasi dan penggunaan bahasa terhadap media pembelajaran Moodle. Selain itu, keberhasilan penerapan media pembelajaran Moodle dapat dilihat dari peningkatan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan kondisi sebelum diterapkan. Dari hasil penelitian, menghasilkan informasi bahwa 88,16% siswa merespon dan menyukai Moodle (fitur konten, penyajian informasi dan penggunaan bahasa) yang memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil prestasi belajar siswa yang ditandai dengan terjadinya penurunan 20% siswa yang belum mencapai nilai KKM menjadi 7%. Kata kunci: Moodle, KKM, Motivasi Belajar, e-learning
Copyrights © 2016