Aplikasi dalam dunia pendidikan dan pengajaran, memberikan ruang bagi guru untuk lebih aktif dan adaptif memanfaatkannya. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran adalah Quizizz. Quizizz memainkan peran penting dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris, sehingga harus diintegrasikan ke dalam kegiatan pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa Inggris. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji penelitian-penelitian yang berkaitan dengan dengan efektivitas dan peran Quizizz dalam kegiatan pembelajaran dalam perspektif guru dan peserta didik. Penelitian ini adalah sebuah tinjauan pustaka terkait penggunaan quizizz dalam kegiatan pembelajaran dalam rentang waktu tahun 2018 hingga 2021. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) Quizizz efektif dan memainkan peran penting dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris, meningkatkan motivasi dan berpengaruh positif terhadap pembelajaran bahasa Inggris, dan (2) Quizizz berdampak positif dalam membangun kemandirian belajar peserta didik, lebih menyenangkan dan lebih interaktif; (3) Dalam perspektif guru dan peserta didik, penggunaan Quizizz dalam kegiatan pembelajaran dinilai sangat positif.
Copyrights © 2021