Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 2 No 1 (2021): Kefektifan Kegiatan Pembelajaran

Pemanfaatan Aplikasi Quizizz pada Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Perspektif Guru dan Peserta didik: Sebuah Kajian Pustaka

Jasmansyah (STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Aplikasi dalam dunia pendidikan dan pengajaran, memberikan ruang bagi guru untuk lebih aktif dan adaptif memanfaatkannya. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran adalah Quizizz. Quizizz memainkan peran penting dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris, sehingga harus diintegrasikan ke dalam kegiatan pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa Inggris. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji penelitian-penelitian yang berkaitan dengan dengan efektivitas dan peran Quizizz dalam kegiatan pembelajaran dalam perspektif guru dan peserta didik. Penelitian ini adalah sebuah tinjauan pustaka terkait penggunaan quizizz dalam kegiatan pembelajaran dalam rentang waktu tahun 2018 hingga 2021. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) Quizizz efektif dan memainkan peran penting dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris, meningkatkan motivasi dan berpengaruh positif terhadap pembelajaran bahasa Inggris, dan (2) Quizizz berdampak positif dalam membangun kemandirian belajar peserta didik, lebih menyenangkan dan lebih interaktif; (3) Dalam perspektif guru dan peserta didik, penggunaan Quizizz dalam kegiatan pembelajaran dinilai sangat positif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

manhajuna

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam invites academics, lecturers, researchers, and students to publish their research results within the scope of religious studies in the form of research results, conceptual ideas, literature study, and practical ...