IJCOSIN : Indonesian Journal of Community Service and Innovation
Vol 2 No 1 (2022): Januari 2022

Strategi digital marketing untuk mengembangkan ekonomi dan pariwisata Desa Petahunan

Khairun Nisa Meiah Ngafidin (Unknown)
Darmansah Darmansah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Pengembangan ekonomi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Dari sisi teknologi, ekonomi dapat ditingkatkan dengan cara memanfaatkan internet untuk memasarkan suatu produk atau mengiklankannya di media sosial tertentu. Seiring berkembangnya zaman, media sosial kini telah menawarkan begitu banyak pilihan yang dapat digunakan untuk menunjang perekonomian pengguna. Permasalahannya masih banyak masyarakat yang belum dapat memaksimalkan penggunaan internet. Selama ini penggunaan internet hanya dibatasi pada hal-hal yang sifatnya umum seperti penggunaan untuk berkomunikasi atau berselancar. Pemanfaatan dalam hal penjualan belum maksimal diketahui dan dimanfaatkan. Produk yang dihasilkan oleh desa seperti gula merah dan jenang memiliki potensi yang bagus apabila dipasarkan menggunakan internet. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai strategi digital marketing guna meningkatkan perekonomian dan pariwisata desa Petahunan. Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan Focus Group Discussion (FGD), persiapan, dan pelaksanaan kegiatan. Hasil dari kegiatan ini adalah masyarakat dapat mengetahui lebih lanjut bahwa melalui digital marketing masyarakat dapat memanfaatkan berbagai macam platform digital seperti Youtube, Instagram, Whatsapp maupun media lain untuk memasarkan hasil usahanya dan tidak hanya terpaku dengan model penjualan konvensional secara luring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijcosin

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

1. Peningkatan kualitas masyarakat agar dapat mewujudkan kemandirian bangsa dan berdaya saing nasional dengan tetap memperhatikan kearifan lokal. 2. Pengoptimalan potensi daerah pedesaan untuk peningkatan industri kreatif dan perekonomian masyarakat di pedesaan. 3. Pemanfaatan teknologi hasil ...