Perbanas Journal of Islamic Economics and Business
Vol 2 No 1 (2022): Perbanas Journal of Islamic Economics and Business

Pengaruh Religiusitas, Transaksi Murabahah dan Emosional Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Dosen UNU Sumatera Barat)

iim imtihan (Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Religiusitas, Transaksi Murabahah dan Emosional terhadap Keputusan menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi Kasus pada Dosen UNU Sumatera Barat). Jenis penelitian ini adalah penelitian kausatif yang melihat pengaruh antara variabel dalam penelitian. Penentuan jumlah sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan dosen UNU Sumatera Barat dalam menggunakan jasa perbankan syariah; (2) Transaksi Murabahah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan dosen UNU Sumatera Barat dalam menggunakan jasa perbankan syariah; (3) Emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan dosen UNU Sumatera Barat dalam menggunakan jasa perbankan syariah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Joieb

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

Aims The objectives of this journal are as follows: To provide a bridge between theory and practice of Islamic Economics and Business To disseminate the results and findings of research and best practice To assist and inform those responsible for the management of Islamic Economics and Business To ...