Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui model Role Playing berbantuan media visual siswa Sekolah Dasar pada semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan Role Playing sebagai metode pembelajaran dan media visual sebagai media pembelajaran. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik non tes (wawancara, observasi, dan dokumentasi). Data dari hasil observasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil kategori skor pengamatan keterampilan berbicara siswa pada tahap prasiklus terdiri dari skor kurang (79,41%) dan cukup (20,58%). Hasil kategori skor pengamatan keterampilan berbicara siswa pada siklus I terdiri dari kurang (8,82%), cukup (52,94%), baik (29,41%), dan sangat baik (8,82%), dengan siswa mencapai ketuntasan belajar sebesar (91,17%). Hasil kategori siklus II terdiri dari skor baik (85,29%), dan skor sangat baik (14,70%) dengan siswa mencapai ketuntasan belajar sebesar (100%). Dengan demikian model Role Playing berbantuan media visual terbukti mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Copyrights © 2020