Keterampilan membaca siswa memiliki peran penting dalam pengembangan diri secara berkelanjutan dan sekaligus sebagai fondasi dalam pendidikan siswa di lembaga formal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik pada variabel-variabel kemampuan membaca siswa dan estimasi model probit dari faktor-faktor yang mempengaruhi secara signifikan kemampuan membaca siswa(i) SD di Sulawesi Tenggara dengan menggunakan software SPSS. Penelitian ini menggunakan data kategori bertingkat atau biasa disebut data skala ordinal sebagai variabel dependen dan metode yang digunakan adalah regresi probit ordinal. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel yang signifikan terhadap kemampuan membaca siswa(i) adalah jenis kelamin siswa(i) (X1), mengulang kelas (X3), belajar/membaca di rumah (X4), dan guru kelas pernah memperoleh pelatihan khusus tentang cara mengajar membaca (X11). Uji kesesuaian model menunjukkan bahwa nilai signifikansi artinya model regresi probit ordinal yang terbentuk telah sesuai atau tidak terdapat perbedaan antara hasil pengamatan dengan hasil model prediksi.
Copyrights © 2022