Rahmatan Lil’alamin Journal of Community Services (RLA)
Volume 1 Issue 1, 2021

Edukasi Pemanfaatan Aplikasi Instagram dan Shopee untuk Pemasaran Produk Olahan Salak

Anis Al Rosjidi (Program Studi Akuntansi, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia)
Maulidyati Asiyah (Program Studi Akuntansi, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia)
Ahada Nurfauziya (Program Studi Akuntansi, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia)
Reny Lia Riantika (Program Studi Akuntansi, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia)
Kinanthi Putri Ardiami (Program Studi Akuntansi, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia)
Herlina Rahmawati Dewi (Program Studi Akuntansi, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia)
Muamar Nur Kholid (Program Studi Akuntansi, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia)
Fathmy Azizah (KSPPS Baitul Maal Wat Tamwil BIMA Magelang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia telah memukul banyak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia. Salah satu kelompok pelaku UMKM yang mengalami penurunan omzet adalah petani salak di wilayah Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Para petani salak yang semula memasarkan produknya dengan cara mendistribusikan ke toko-toko di daerah tujuan wisata mengalami penurunan omzet yang signifikan. Oleh karena itu, para petani salak harus mencoba alternatif pemasaran lain melalui pemasaran digital untuk memasarkan produk-produknya. Beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk memasarkan produk secara digital adalah Instagram dan Shopee. Edukasi pemanfaatan aplikasi Instagram dan Shopee dilakukan dalam bentuk workshop yang berlangsung selama satu hari penuh. Workshop membahas penggunaan aplikasi Instagram dan Shopee untuk memasarkan produk olahan salak. Pada akhir workshop, para peserta telah memiliki akun Instagram dan akun Shopee yang dapat digunakan untuk memasarkan produk-produk olahan salak yang dimiliki.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

rla

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

Rahmatan Lil’alamin Journal of Community Services [RLA] is published by Department of Accounting, Faculty of Business and Economics, Universitas Islam Indonesia. The journal is published two times in each year on May and November. This journal publishes various articles on activities and impacts ...