MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 2, No 1 (2022)

PENGARUH TERPAAN IKLAN YOUTUBE SHOPEE TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNRIYO

Randy Hermawan Saputra (Universitas Respati Yogyakarta)
Warhi Pandapotan Rambe (Sinta ID: 6701792
Universitas Respati Yogyakarta)

Mohammad Solihin (Sinta ID: 6739347
Universitas Respati Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Hadirnya iklan media sosial Youtube tentu saja menimbulkan gegar yang cukup signifikan terhadap lanskap media iklan Indonesia. Dampak efektif dari terpaan iklan yang berulang kali yaitu memperoleh perhatian dan pengalaman dari individu penerima yang terkena terpaan pesan iklan tersebut, serta terbuka menerima pesan-pesan yang disampaikannya. Selain memperhatikan keinginan dan kebutuhan konsumennya. Shopee juga selalu memperkenalkan dan menanamkan image bagi konsumen terhadap mereknya dengan menggunakan berbagai periklanan termasuk di dalamnya media iklan di Youtube. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara variabel “Terpaan Iklan Youtube Shopee” terhadap “Minat Beli Mahasiswa”. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNRIYO angkatan 2018 dan 2019, yaitu 43 mahasiswa. Penentuan ukuran sampel menggunakan rumus Yamane, berdasarkan pada tingkat kesalahan 5%, sehingga sampel responden dalam penelitian ini adalah sebesar 43 sampel responden. Sementara teknik sampling yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil nilai koefisien determinasi variabel “Terpaan Iklan Youtube Shopee” terhadap variabel “Minat Beli”adalah sebesar 0,878 maka 77.8% terpaan iklan Youtube Shopee merupakan kontribusi dari variabel minat beli, sedangkan sisanya 22,6992% dapat dijelaskan oleh sebab – sebab lain. Dengan hasil yang dijabarkan dalam penelitian ini, bahwa nilai thitung (11,766) >ttabel (2,019).Angka tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.Kata kunci: Terpaan, Iklan Youtube, Shopee, Minat Beli Mahasiswa, Ilmu Komunikasi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

massive

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi menerbitkan artikel ilmiah berisi hasil penelitian atau pemikiran konseptual terkini bidang ilmu komunikasi diantaranya adalah broadcasting (televisi, radio, dan film), jurnalistik dan fotografi, jurnalisme data, periklanan, komunikasi pemasaran, komunikasi kesehatan, ...