Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis (JAMAN)
Vol. 2 No. 1 (2022): April : Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis

ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, PERSEPSI MANFAAT DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN

Putri Dwi Astuti (Universitas Gunadarma)
Julius Nursyamsi (Universitas Gunadarma)
Haryono (Universitas Gunadarma)
Joko Utomo (Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Artikel ini menganalisis pengaruh variabel Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat dan Promosi Penjualan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening studi empiris pengguna aplikasi pembayaran elektronik e-wallet OVO di wilayah Jabodetabek, dengan jumlah sampel 100 responden. Metode pengambilan sampel adalah nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengujian menggunakan analisis deskriptif model pengukuran (outer model), uji convergent validity, uji discriminant validity, uji reliabilitas, model struktural (inner model), uji coefficient of determination (R2) dan uji hipotesis. Pengolahan data menggunakan aplikasi Smart PLS 3.0. Hasil menunjukkan bahwa pengaruh secara langsung variabel Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat dan Promosi Penjualan berpengaruh positif dan signifikansi terhadap Kepuasan Pelanggan, Variabel Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat dan Promosi Penjualan berpengaruh positif dan signifikansi terhadap Loyalitas Pelanggan, Variabel Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikansi terhadap Loyalitas Pelanggan. Pengaruh secara tidak langsung variabel Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat dan Promosi Penjualan berpengaruh positif dan signifikansi terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JAMAN

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Muda Indonesia dan di payungi Oleh Yayasan Dosen Muda Indonesia. Jurnal ini adalah jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis yang bersifat peer-review dan terbuka. ...